Selasa, 01 September 2015

DESKRIPSI TANAH KELAHIRANKU

Gak Ada Salahnya Coba Datang Kesini.



GUNUNGSITOLI, itu merupakan suatu tempat dimana aku dilahirkan dimuka bumi ini. Tapi kebanyakan orang belum mengetahui tempat kelahiranku itu, baiklah di blog ini saya akan bercerita tentang tanah kelahiranku. Gunungsitoli itu, berada di Pulau Nias, Sumatera Utara. Tetapi, harus menyeberang laut terlebih dahulu. Dari Sibolga ke Pulau Nias, menyeberang dcengan kapal selama 1 hari, jika ingin lebih cepat, dari medan naik pesawat hanya sekitar 45 menit saja.

Pulau Nias, memiliki alam yang amat sangat indah, memiliki hamparan laut yang luas, serta memiliki bukit-bukit nan hijau. Tetapi sayangnya masih banyak warga negara indonesia yang banyak belum mengetahui daerah ini.
Dalam hal wisata yang bisa temui, yang pertama yaitu pantai. Ada sebuah pantai yang amat terkenal di Pulau nias yaitu, Pantai Charlita, yang terletak di desa Afia, Gunungsitoli Utara. Tempat ini paling banyak dikunjungi karena alamnya yang indah, dan merupakan satu-satunya tempat yang menyediakan fasilitas kolam berenang. Di pantai ini disediakan pondok-pondok kecil untuk tempat beristirahat. Di sini juga menyediakan berbagai macam makanan, seperti ikan bakar dan lainnya.

LOMPAT BATU NIAS
Budaya yang ada di daerah ku masih kental dengan peraturan adat istiadat. Masyarakat nias itu sangat ramah, dan dalam kesehariannya menggunakan bahasa nias. Adapun suatu kebudayaan yang masih ada sampai zaman sekarang yaitu lompat batu. Dimana biasanya lompat batu ini diadakan apabila ada acara penting. Lompat batu ini dilakukan oleh para kaum lelaki yang ada di Nias, dimana apabila mereka sudah dapat melakukannya, maka lelaki itu dianggap telah dewasa dan matang secara fisik.
Adapun tarian yang sangat terkenal di nias yaitu, Tari Yaahowu dan Tari Moyo.
Salah satu makanan khas nias yang sangat saya sukai yaitu, daun talas yang direndang atau dalam bahasa niasnya LEHEDALĂ– NIFANGE. Dan adapun buah yang sangat amat terkenal di Nias yaitu Durian. Ini merupakan buah favorit saya, dan mungkin favorit kalian juga, dan tenang saja, harga durian di Nias ini sangat murah, bila masih dalam kondisi panen harganya hanya 500-1000 per bijinya. Huss, jangan kaget yah. Tapi kalau pada musim biasa, sekitar 2500-7000 an ajalah. Jadi, enak kan hidup di Nias itu.
Tentang ciri khas yang ada di Pulau Nias itu ada banyak, tapi saya sebutin yang saya tahu saja, yaitu orang nias selalu mempunyai MARGA, seperti, Telaumbanua, Lase, Ziliwu, Mendrofa, dan masih banyak lagi. 


Sekian, cerita tentang tanah kelahiran saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar