Selasa, 01 September 2015

APA ITU JURUSAN PERIKANAN?

Saya salah satu mahasiswi di Universitas Negeri Malang,jurusan Perikanan. Apa sih itu perikanan?? Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan tidak dibatasi secara tegas dan pada umumnya mencakup ikan, amfibi, dan berbagai avertebrata penghuni perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya. Setelah mengetahui pengertian perikanan yang di atas, maka apabila kita menjadi mahasiswa maupun mahasiswi perikanan, kita harus tahu bagaimana cara menjaga sumber daya alam yang ada di laut Indonesia.

Add caption
Tapi sayangnya kebanyakan masyarakat Indonesia, belum bisa merawat maupun melindungi laut Indonesia. Ya seperti kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang berarti indonesia memiliki luas lautan yang lebih luas ketimbang daratannya. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di laut. Padahal apabila kita menjaga laut Indonesia, maka kita akan mendapatkan hasil laut yang sangat baik, yang dapat memberikan keuntungan kepada kita maupun kepada negara tercinta.

Adapun untuk prospek kerja yang dapat kita lakukan setelah luluis dari jurusan perikanan ini adalah, dalam bidang negeri, kita bisa kerja pada pemerintahan, seperti di Dinas Kelautan, ataupun Dinas Perikanan. Adapun dalam biudang swasta, kita bisa bekerja di Balai pangan ikan, atau Balai pembudidaya udang. Tapi kebanyakan, atau alangkah lebih baik kita membuka usaha sendiri atau sering disebut sebagai wiraswasta. Seperti saya, saya ingin menjadi wirausaha yaitu dengan membuka pembudidayaan berbagai macam ikan, seperti lele, mujair, dan ikan lainnya. Setelah itu saya ingin membuka usaha rumah makan. Jadi jurusan ini membuka banayak sekali lapangan kerja dalam bidang swasta.
SO, tidak tertarikkah kamu dengan jurusan perikanan??? :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar